--> Skip to main content

Cara Membuat File PDF Hanya Dengan Menggunakan Chrome Saja!



Selamat malam sobat! Kali ini Rifki mau share tutorial lagi nih, yaitu cara membuat file pdf hanya dengan menggunakan google chrome saja melalui ponsel Android.

Apa itu PDF? Pengertian PDF (Portable Document Format)adalah jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.

Awalnya format ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, namun sekarang format PDF juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra.

Tak hanya itu saja, Adobe System Inc kini juga mengembangkan program Acrobat 3-D berupa kemampuan PDF untuk membaca dokumen tiga dimensi. Kini PDF sudah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1:2008 sejak Juli 2008.

Sesuai dengan pengertian PDF di atas, format ini sering digunakan dalam administrasi perkantoran karena kemudahannya. Meskipun pada awal rilis format ini kurang diminati karena kalah bersaing dengan pendahulunya yakni Microsoft Office, namun karena memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen membuat PDF saat ini semakin banyak digunakan.

Bahkan software untuk mengakses format PDF pun tidak hanya Adobe Reader saja, namun juga ada Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra PDF dan lainnya.

Fungsi PDF Secara Umum

Mengacu pada pengertian PDF (Portable Document Format) di atas, maka fungsi PDF adalah untuk membuat dan menyimpan sebuah dokumen yang berisi teks, gambar, dan link, dengan format khusus yang hanya dapat dibuka di komputer yang memiliki program khusus.

Fungsi PDF
Ebook merupakan pengembangan dari PDF

Dalam hal ini, portable document format berarti suatu dokumen memiliki format khusus yang fleksibel dan dapat digunakan di komputer mana pun. Format PDF berbeda dengan format doc pada Microsoft Office, dimana dokumen berformat PDF lebih fleksibel, dapat dikunci, dan cenderung lebih aman.

Dokumen atau berkas berformat PDF merupakan pilihan terbaik jika ingin mengirimkan sebuah dokumen yang sudah fix dengan tampilan yang menarik. Pun proses pertukaran dokumen berformat PDF via email dapat dilakukan dengan mudah karena biasanya ukurannya kecil.

Penggunaan format PDF pada berbagai dokumen sudah sangat banyak digunakan saat ini. Baik untuk keperluan secara umum maupun untuk keperluan khusus.

Kelebihan PDF Dibanding Format Dokumen Lain

Format PDF tidak memiliki kelebihan tersendiri dibanding format dokumen lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan PDF yang sangat membantu jika digunakan untuk dokumen-dokumen perusahaan diantaranya:

1. Format PDF Fleksibel Digunakan

Seperti yang dijelaskan pada pengertian PDF sebelumnya, dimana portable mengacu pada produk digital yang fleksibel sehingga memungkinkan format ini bisa dibuka pada perangkat apapun seperti komputer maupun pada smartphone.

Meskipun format ini dibuka pada perangkat dengan versi yang berbeda, tidak akan mengubah isi dari dari file. Isi dari file berekstensi PDF bersifat tetap dan tidak akan berubah tanpa adanya bantuan software lain untuk mengubah isi teks didalamnya.

Inilah yang merupakan kelebihan PDF dibanding Microsoft Word yang cenderung akan mengalami perubahan susunan isi jika dibuka pada versi Microsoft yang berbeda.

2. PDF Memiliki Fitur Lock

Adobe System mengembangkan fitur kunci atau lock pada PDF. Sehingga jika Anda ingin merahasiakan dokumen, membuat dokumen tidak bisa disalin atau ingin dokumen dilihat orang lain bisa menggunakan fitur lock untuk memberikan password pada dokumen PDF Anda.

3. PDF Dapat Diedit

Khawatir dokumen yang sudah terlanjur di konversi ke PDF tidak bisa di edit lagi? Atau tenyata ada susunan teks yang kacau? Jangan khawatir, karena Anda bisa mengedit isi file PDF dengan bantuan software PDF reader.

4. PDF Dapat Menyimpan Gambar

Tidak hanya file berupa teks saja, di format PDF Anda juga bisa menyimpan data berupa gambar, foto maupun grafik. Selain itu, dengan mengkonversi file ke format PDF dapat mengurangi ukuran atau size dari file tersebut.

5. Kompatibel Dengan Berbagai Komputer

Berbeda dengan format doc dan lainnya yang hanya bisa dibuka pada komputer yang terinstal software Microsoft Office. Format PDF kompatibel dengan berbagai sistem operasi komputer seperti Windows, Linux, Mac-OS dan lainnya.

Karena saat ini PDF sudah diterima dan banyak digunakan masyarakat, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan softwarenya karena tidak hanya Adobe Reader saja.

Adobe System berkomitmen untuk terus mengembangkan fitur-fitur terbaik pada PDF. Bahkan kedepannya, PDF akan mampu mendukung forms, javascript, hyperlink dan kemampuan-kemampuan lainnya.


Langkah-langkah Membuat file pdf : 1. Buka situs web atau halaman yang ingin kalian jadikan sebagai pdf file. Sebagai contoh Rifki pakai web ini saja ya 2. Klik titik 3 di pojok kanan atas pada aplikasi google Chrome kalian, lihat gambar di bawah 3. Kemudian kalian tinggal klik "Bagikan" pada menu option nya, lihat gambar di bawah 4. Setelah kalian mengklik opsi bagikan tersebut, selanjutnya kalian tinggal memilih opsi print/cetak, lihat gambar di bawah 5. Setelah masuk ke opsi print, selanjutnya kalian pilih opsi cetak/ print, lihat gambar di bawah 6. Setelah membuka pilihan printer, selanjutnya kalian tinggal pilih "Simpan Sebagai Pdf" lihat gambar di bawah 7. Setelah semuanya selesai, kalian langsung saja save dokumen kalian tadi dengan mengklik ikon save di pojok kanan atas, lihat gambar di bawah Oke. Semoga tutorial Rifki kali ini bermanfaat untuk kalian ya sobat, nantikan tutorial² bermanfaat selanjutnya, jangan lupa komentarnya ya jika ada hal yang ingin kalian tanyakan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar