Widget HTML Atas

Indahnya Museum Angkut Malang Jawa Timur


Dipamerkan Berbagai Macam Transportasi Kuno Maupun Modern Dari Semua Negara

Museum Angkut Kota Batu Malang merupakan salah satu kunjungan wisata yang bisa Anda nikmati di Batu Malang. Sama seperti namanya museum ini memamerkan berbagai koleksi sarana angkutan kuno dan modern baik di Indonesia maupun yang terkenal di dunia. Tapi musem angkut berbeda dari museum-museum yang lain karena jumlah koleksi di dalamnya sangat lengkap dari semua negara di dunia. Museum Angkut secara administratif berada di Kecamatan BatuKab Malang, Jawa Timur. Lebih tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung Atas no. 2 Kota Wisata Batu, malang,  Jawa Timur.

Museum Angkut adalah sebuah tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema alat transportasi. Museum Angkut dikelola oleh Jawa Timur Park Group dan dibuka sejak 9 Maret 2014 dan menempati lahan seluas 3, 8 hektare. Museum alat transportasi ini menempati tempat outdoor dan indoor untuk memamerkan koleksinya. Di sini dipamerkan berbagai macam mobil, motor dan alat transportasi lain seperti mobil Presiden RI pertama Soekarno seri Chrysler Windsor Deluxe, kemudian juga ada motor-motor jaman dulu.


Tidak ketinggalan mobil sport Porsche dan pembalap F1 tampil di zona ini. Becak-becak Nusantara, bemo, hingga kereta kuda juga ikut meramaikan zona edukasi di Museum Angkut ini. Museum Angkut memajang puluhan mobil antik seperti Alfa Romeo keluaran tahun 1966, Bentley tahun 1957, dan Chrysler Windsor Deluxe produksi 1952. Bagi Anda yang penasaran dengan mobil listrik milik Menteri BUMN Dahlan Iskan, Tuxuci, dan mobil listrik karya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, bisa Anda nikmati pula di sini.


Bahkan di museum ini diisi kurang lebih 300 unit kendaraan mewah pada masanya. Untuk pengadaan sejumlah kendaraan kuno tersebut, pengelola Museum Angkut mendatangkan langsung kendaraan-kendaraan tersebut dari negara asalnya seperti Amerika Serikat, Italia, Australia, Jerman, Inggris, dan Jepang. Sepintas, jika memasuki museum ini sebenarnya lebih mirip theme park dibandingkan museum. Karena itu, museum ini lebih menarik untuk mengajarkan dan memperkenalkan sejarah dan perkembangan alat angkut kepada anak-anak.

Karena lebih ke arah theme park, maka di Museum Angkut kita bisa merasakan aneka pertunjukan. Jadwal pertunjukan Museum Angkut diantaranya, WELCOME TO GANGSTER TOWN yang dilakukan pada (2.00 – 2.30 pm). Adapula SUPER HERO COSTUME pada pukul 3.00 – 3.30 pm. Lalu ada MUSEUM ANGKUT+ MOVIE STAR STUDIO PARADE pada pukul 5.00 sore pada setiap weekend dan highseason. Serta THREE ELEMENTS SHOW pada 7.45 malam. Museum Angkut juga seringkali dijadikan lokasi untuk menggelar berbagai jenis pameran, kompetisi modifikasi mobil dan tidak jarang dijadikan lokasi foto prewedding dan pengambilan gambar video klip.

Selain dapat melihat berbagai koleksi kendaraan dari berbagai penjuru dunia dari yang tradisional hingga modern, kita juga dimanjakan dengan landmark atau bangunan khas sebuah negara sebagai latar belakang kendaraan yang diproduksi oleh negara tersebut, sehingga kita serasa berada di luar negeri. Semuanya tampak begitu nyata seperti aslinya sehingga bila anda berfoto di spot-spot lokasi tersebut, maka layaknya sedang mengunjungi langsung tempat tersebut, seperti berbagai tempat di Eropa, Amerika, sampai berbagai lokasi terkenal di dalam negeri seperti Pecinan, Stasiun Kota ataupun suasana desa-desa.

Museum Angkut Batu Malang banyak memiliki koleksi alat transporasi, mulai dari mobil-mobil kuno eropa, gerobak2 kuno asli indonesia Terpajang rapi dis etiap area sehingga benar-benar menggambarkan keadaan sebenarnya pada masa lalu. Bahkan pesawat terbang boeing 737 dan helikopter menjadi koleksi di Museum AngkutMuseum Angkut Batu Malang membagi areanya dalam beberapa zona. Setiap zona dirancang dan didesain sesuai dengan kota atau negara asal dari alat-alat transportasi tersebut. Pihak pengelola mengharapkan dengan desain seperti ini pengunjung benar-benar merasakan keadaan sebenarnya.

Diantaranya; Zona Hall Utama. Area paling depan setelah memasuki pintu masuk. Di ruangan ini terdapat berbagai koleksi alat angkut dari berbagai negara dan berbagai masa yang didukung dengan hiasan lampu sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan elegan. Zona Edukasi. Zona dengan luas 900 meter persegi ini menampilkan sejarah alat transportasi dari masa ke masa, baik yang berada di Indonesia maupun di dunia dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Zona Sunda Kelapa & Batavia. Masuk ke zona ini kita serasa ditarik kembali ke Jakarta tempo dulu saat menjadi pelabuhan terkenal di jaman Belanda. Memamerkan suasana pelabuhan Jakarta pada zaman Belanda dahulu.


Zona Gangster Town & Broadway Street. memperlihatkan berbagai transportasi era 1970an yang terkenal dengan Al-Capone. Broadway street yang menjadi tempat impian para artis tersohor dunia ditampilkan bersama dengan berbagai model angkutan di dalamnya. Anda juga bisa berfoto dengan model Museum Angkut yang mengenakan kostum ala gengster. Zona Eropa. menampilkan beberapa diorama kota-kota besar di eropa. seperti kota berlin, paris, roma dan london. akan lebih menarik lagi dimana disana di tempatkan beberapa koleksi mobil produksi negara tersebut dan juga koleksi kendaraan yang ramai di pakai di kota tersebut pada masa lalu.


Zona Istana Buckingham. Inggris sebagai Negara Kerajaan paling tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai angkutan berkelas seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Raligh, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce serta mobil LandRover yang pernah digunakan oleh Queen Elizabeth saat parade di Australia lengkap dengan situasi Kota London di malam hari dan kemegahan Istana Buckingham. Zona Las Vegas. Zona yang bernuansa Amerika dengan hiasan Gerbang Las Vegas.


Zona Hollywood. Di Zona ini kalian akan menemukan berbagai mobil yang dipakai dalam film Hollywood. Zona Flight Training. Di lantai 3, Anda bisa belajar menjadi pilot di ruang cockpit pesawat yang telah dimodifikasi. Tapi untuk masuk ke sana, Anda harus membeli tiket boarding pass terlebih dahulu di kasir cafetaria yang berada di belakang ekor pesawat. Zona D’topeng Kingdom. Berisi tentang kekayaan warisan budaya Indonesia. Penuh sensasi pesona dan kekayaan warisan bangsa Indonesia. Di lokasi yang sama dengan Museum Angkut, juga terdapat Museum D’Topeng Kingdom. D’Topeng Kingdom sesuai dengan namanya menyajikan berbagai koleksi topeng dari berbagai daerah. yang menarik, selain menikmati berbagai koleksi topeng Anda juga bisa menikmati masakan tradisional khas Indonesia di restouran D’topeng Kingdom.


Zona yang terakhir adalah zona perahu apung. Seperti yang kita ketahui indonesia mempunyai pasar unik yaitu pasar apung. Nah tidak perlu jauh-jauh untuk merasakan belanja dipasar apung. Karena sensai berbelanja di pasar apung dpat kita rasakan di Museum Angkut Malang. Di Pasar Apung ini tersedia berbagai makanan khas masing-masing daerah di Indonesia, seperti gudeg Jogja, sate madura, nasi timbal dan makanan khas lain untuk Anda nikmati. Dingin dan sejuknya udara di kota Batu Malang akan melengkapi kepuasan jalan-jalan Anda.

Museum Angkut buka setiap hari dari jam 12:00 hingga 20:00 wib. Namun untuk loketnya sendiri sudah dibuka dari jam 11.00 dan sudah ditutup pada jam 19.30wib. Harga tiket di Museum Angkut pada hari senin-jumat sebesar Rp. 60.000 sedangkan pada Sabtu-Minggu dan tanggal libur lainnya Rp. 80.000. Anda juga bisa membeli tiket terusan antara Museum Angkut dengan D’topeng Kingdom seharga Rp. 70.000 ata Rp. 90.000 untuk akhir pekan dan tanggal libur. Ada bebrapa variasi harga, karena dengan terus berkembangnya wahana di Museum Angkut, maka ada wahana baru seperti D’Topeng Kingdom dengan harga tiket tambhan bila anda juga ingin memasuki wahana tersebut.

Tidak hanya itu, karena daya tarik  Museum Angkut ini adalah koleksinya, maka mereka juga menarik tiket untuk kamera. Kamera yang dikenai tiket adalah DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dsb. Sedangkan untuk handphone kamera tentu saja tidak termasuk. Tiket kamera sebesar Rp. 30.000/kamera. Mau foto prewedding di Museum Angkut? Anda membeli tiket khusus untu prewedding seharga Rp, 2.500.000. Dengan harga ini Anda bisa memilih 5 jenis mobil atau motor yang menjadi setting foto. Anda diberi waktu 5 jam menyelesaikan foto prewedding Anda. Yang unik ada harga istimewa, bila anda datang kesini hanya sewaktu malam hari, maka harga tiketnya lebih murah, yaitu dari Rp 30ribu – Rp 50ribu disesuaikan dengan hari kedatangannya.

Lokasinya musem angkut ini tidak berada jauh dari wiata jajim park 1. Untuk menuju kesana sangat lah mudah, kita tinggal mengikuti petunjuk arah dari pusat kota malang menuju ke wisata jatim park 1. Setelah berada  di  Jawa Timur Park 1, kita hanya tinggal melanjutkan jalan lurus saja, nah di ujung jalan itu adalah lokasi Museum Angkut . Fasilitas di Museum Angkut sangat lengkap. Kawasan ini sudah dilengkapi dengan toilet umum, toilet bagi difabel, ruang ibu dan anak, area merokok, kursi roda dan tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, terdapat toko-toko yang menyediakan souvenir, pernak pernik serta kerajinan khas nusantara. Dari restaurant sampai penginapan sudah tersedia, di dalam musem ataupun di sekitar musem.

2 komentar untuk "Indahnya Museum Angkut Malang Jawa Timur"

Posting Komentar