--> Skip to main content

Apa itu Template dan Tema Pada Website ?


RIFKIMOCHAMAD – Dipagi hari yang cerah ini saya akan berbagi informasi nih tentang template dan tema pada website. Tentu saja sebelum itu sembari menikmati kopi dipagi hari ini ayo kita bahas.

Apa itu Template ?
Template pada website/blog merupakan desain atau tema atau tampilan suatu website/blog, jadi bagus atau tidaknya suatu tampilan blog tergantung bagus atau tidaknya template yang di gunakan. Sebagai contoh template blog saya ini adalah sebagai gambar di bawah ini:

Untuk template website bisa kalian meraciknya sendiri ataupun menggunakan jasa orang lain (Desainer Web) untuk template yang kalian inginkan.

Template yang saya gunakan ini adalah template karya Mas Sugeng, yaitu seorang desainer web yang cukup terkenal ya dikalangan para blogger Indonesia.

Perlu kita ketahui bahwa jika kamu ingin meracik/membuat template suatu web/blog, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memahami terlebih dahulu suatu fungsi dan resource di mana tempat kalian membuat blog. Misalnya kita membuat sebuah blog di Blogger.Com maka kita harus paham dulu struktur template yang digunakan di blogger ini.

Hal lain yang lebih penting adalah kalian setidaknya sudah menguasai dan mengetahui tentang CSS dan HTML dan komponen lainnya yg digunakan dalam membuat sebuah template di blogger.

Nah untuk lebih jelasnya template blog adalah desain tampilan dari suatu blog, sebagai contoh tampilan blog ini adalah seperti gambar di atas berarti templatenya memang seperti di atas. Jika anda memiliki blog di blogger di sana anda bisa mengedit template blog anda dengan sangat leluasa dan penuh akan fitur, namun perlu di ketahui bahwa mengedit template yang tujuannya hanya untuk membuat blog tampil keren dengan banyak animasi dan gadget justru akan membuat loading blog berat dan akhirnya blog sedikit pengunjungnya.

Sedangkan Apa itu Tema?
Definisi tema umumnya sama dengan template, yang merupakan desain untuk memperindah sebuah website yang kamu kelola. Namun tema dikatakan kebanyakan untuk membuat desain situs di WordPress.

Karena umumnya kata tema ini banyak sekali digunakan oleh desainer-desainer tema WordPress mungkin dari struktur tema/template ada kemiripan namun yang membedakannya dengan template adalah penggunaannya yang lebih menggunakan PHP seperti yang digunakan di wordpress.

Nah gimana? Sudah paham kan. Sebenarnya antara template dan tema ini bisa dikatakan mirip namun sedikit berbeda dalam struktur pembuatannnya. Dan menurut saya jika kalian ingin belajar desain website/blog cobalah terlebih dahulu dengan menggunakan blogger. Karena struktur template di blogger tidak serumit membuat tema yang harus sinkron dengan PHP dalam penggunaannya.

Demikian pembahasan kali ini, bila ada yang mau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar.
Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar