--> Skip to main content

Cara Backup WordPress di Hosting Rumahweb dg Wordpress Toolkit


WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan mengalahkan cms lainnya. Dengan adanya wordpress memang dunia blogging bisa lebih mudah dan cepat tanpa harus ribet coding dan lainnya. Dengan wordpress bisa membuat halaman pribadi (blog) hanya dalam sekejap dan praktis.

Maka dari itu begitu pentingnya juga membackup data wordpress yang kita miliki jikalau ingin pindah hosting ataupun alasan lainnya. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara backup wordpress hosting di Rumahweb. Tentu saja bagi kalian yang menggunakan layanan hosting di Rumahweb ya.

Di Rumahweb sendiri telah disediakan fitur Wordpress Toolkit yang sangat mempermudah pengelolaan wordpress tanpa harus melalui wp-admin melainkan melalui server hosting nya itu sendiri. Dengan wordpress Toolkit ini kita diunggulkan dengan banyak kemudahan diantara dalam backup manager untuk hosting wordpress di Rumahweb.

Bagaimana caranya?
Caranya sangat mudah dan bahkan praktis, dengan ini saya akan memberikan penjelasannya melalui Android saja. Tentunya tanpa ribet harus menggunakan PC / Komputer.

1. Login ke control panel Hosting

Setelah kalian berhasil masuk ke control panel, selanjutnya kalian cari opsi Backup Manager di Cpanel kalian tersebut.

2. Klik Backup Manager
3. Ikuti Instruksi seperti saya dibawah ini
Untuk setiap pilihan di dalam menu backup manager kalian tinggal menyamakan nya dengan setingan saya di bawah ini. 

Pilih opsi bagian tengah. Lalu klik backup dalam opsi tersebut

Kemudian samakan dengan saya dibawah ini settingannya


NB: Untuk type kalian pilih Incremental saja, karena dengan ini kalian hanya membackup semua setingan yang terakhir kali kalian oprek/ubah. Sehingga tidak kembali ke awal setingan.

Lalu maukan email kalian agar diberitahukan ketika proses backup selesai dilakukan.


NB: Ingat teman-teman, jangan sekali-kali kalian centang opsi Suspend the domain until backup task is completed
Karena jika kalian mencentang nya domain hosting kalian akan otomatsi tersuspend (Alias banned secara sengaja). Maka saya sarankan untuk tidak mencentang nya ya teman-teman.

4. Download Hasil Backup dan Simpan
Setelah proses nya telah selesai di backup. Selanjutnya kalian hanya tinggal mendownload hasil backup an tadi seperti dibawah ini.

5. Backup Telah Selesai
Dan gimana? Mudah bukan. Tujuan dari backup ini sendiri adalah agar jaga-jaga dikala situs web kita di serang secara tiba-tiba bahkan yang lebih utama jika ingin pindah layanan hosting ya teman-teman.

Semoga bisa bermanfaat,
Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar