Widget HTML Atas

Tutorial Membuka Source Kode Pada Website Menggunakan Aplikasi Chrome dan Opera di Android


RIFKIMOCHAMAD – Yo guys kembali lagi dipembahasan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial dasar untuk membuka source kode / kodingan suatu website menggunakan aplikasi chrome dan Opera di ponsel Android.

Apa itu source kode ?
Mungkin bagi orang orang yang baru belajar tentang penggunaan Open Source, masih belum terlalu mengerti tentang detail pengertian dari Source Code itu sendiri.

Source Code adalah basic dari segala pembuatan software. Source Code ini lah yang di gunakan para programmer untuk menerapkan penggunaan Open Source.

Namun disini yang saya bahasa bukanlah source kode sebuah aplikasi, melainkan sebuah situs website tertentu.

Di ibaratkan Source Code inilah yang menjadi tiang awal, atau fondasi dari software yang dibuat nya.
Nah , berikut saya akan jelaskan lebih rinci tentang apa itu Source Code

Dalam ilmu komputer, source code (atau disebut juga source) adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia.

Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi. Source Code merupakan sebuah program yang biasanya dibuat dalam satu atau lebih file teks, kadang-kadang disimpan dalam database yang disimpan sebagai prosedur dan dapat juga muncul sebagai potongan kode yang tercetak di buku atau media lainnya.

Banyaknya koleksi file source code dapat diatur dalam direktori, dalam hal ini mungkin juga dikenal sebagai Source Tree. Sebuah source code program komputer adalah kumpulan file-file yang diperlukan untuk mengkonversi dari manusia ke bentuk-dibaca beberapa jenis komputer-bentuk eksekusi. 

Souce Code mungkin akan diubah menjadi sebuah file eksekusi oleh kompilator, atau dijalankan secara langsung dari bentuk yang dapat di baca manusia dengan bantuan penterjemah. Source Code dari program proyek besar adalah kumpulan semua source code dari semua program komputer yang membentuk proyek.

atau lebih ringkas dan simple nya adalah seperti ini
Source Code adalah kumpulan dari beberapa kode bahasa pemrograman tertentu yang membentuk sebuah deklarasi / perintah yang dapat dibaca oleh komputer dan untuk menjalankan source code tersebut membutuhkan sebuah penterjemah dalam hal ini adalah software tertentu seperti 'Visual Studio' untuk dieksekusi / dikompile.
Nah sekarang udah paham dong? Selanjutnya kita ke tutorial membuka nya menggunakan aplikasi chrome dan Opera di ponsel Android. Oke simak caranya. 

Langkah pertama untuk membuka kode source pada website adalah kalian tentukan terlebih dahulu website mana dan siapa yang akan kalian lihat source nya. Disini saya contohkan akan membuka source kode dari situs seperti pada gambar di bawah ini.

Nah sebenarnya mudah saja, setelah seperti ini kalian hanya tinggal menambahkan kode berikut ini view-source:situs target nah pada situs target kalian ganti menggunakan situs yang akan kalian buka source kode nya. Seperti berikut ini

Kemudian kalian hanya tinggal mengunjunginya saja dengan alamat URL seperti gambar yang saya contohkan. Maka jika berhasil akan seperti ini.

Sampai disini kalian sudah berhasil membuka source kode di website target kalian. Gimana? Mudah sekali kan. Memang mudah namun kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Apa Gunanya?
Tentu saja sangat berguna buat kepentingan-kepentingan tertentu, misalnya kalian seorang desainer/ tukang rombak template, atau kloning template orang lain bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui elemen kode yang digunakan di situs target.

Namun saya tidak bertanggung jawab jika cara ini disalahgunakan, karena saya hanya sekedar sharing hal yang saya ketahui agar bermanfaat bagi yang ingin mengetahuinya. Jadi gunakanlah untuk hal yang positif dan tidak merugikan orang lain hehe.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Tutorial Membuka Source Kode Pada Website Menggunakan Aplikasi Chrome dan Opera di Android"