Widget HTML Atas

4 Tahapan Kekuatan Ichigo Kurosaki di Anime Bleach


RIFKIMOCHAMAD – Yosh kali ini saya akan membagikan artikel seputar anime Bleach lagi nih, dimana kini saya akan membagikan sebuah artikel tentang 4 Tahapan kekuatan Ichigo dalam anime Bleach.

Kekuatan Ichigo Kurosaki dalam Anime nya memang terkenal sangat menakjubkan sedari awal,mulai dari menguasai mode Hollow dan Shinigami secara bersamaan.

Kemampuannya meningkatkan kekuatan dari Mode Shikai hingga Bankai yang membuatnya mampu melawan petarung setingkat Gotei 13 hanya dalam hitungan hari.

Kekuatan Ichigo Kurosaki

Namun tahukan kalian bahwa Kekuatan Ichigo Kurosaki ternyata bukan hanya Shinigami namun ada beberapa kekuatan spesial lainnya. Berikut ini 4 Kekuatan Ichigo Kurosaki dan Tingkatannya


1. Shinigami

Dewa Kematian alias Shinigami,merupakan kekuatan Ichigo Kurosaki yang paling pertama dimiliki. Semua itu berawal ketika dia bertemu dengan Rukia yang sedang mendapat tugas di dunia manusia.


Demi menolong Yuzu yang diculik oleh Hollow dan menggantikan tugas Rukia yang sudah menolongnya.

Akhirnya Ichigo memutuskan untuk merubah dirinya menjadi Shinigami dengan bantuan Rukia.

Tekanan Roh Spritiual (Reiatsu) milik Ichigo ternyata menyerap hampir seluruh kekuatan milik Rukia.

Sehingga untuk sementara waktu Rukia tidak bisa menjalankan tugasnya dan Ichigo yang harus menggantikan posisinya.


Namun semua itu terjadi bukan karna kebetulan atau tanpa sebab,semua alur cerita dari Ichigo masih menjadi manusia hingga shinigami dan melewati banyak pertarungan ternyata sudah direncanakan oleh Aizen.

Dan Reiatsu yang dimiliki Ichigo sendiri bisa sangat besar karena ternyata dia adalah keturunan dari seorang Mantan Kapten Divisi 10 yaitu Kurasaki Isshin sang Ayah.

Dan ibunya yang ternyata juga memiliki darah Quincy sehingga Ichigo mempunya Tekanan Reiatsu tinggi.

Berikut ini tingkatan kekuatan Shinigami milik Ichigo :

a. Shikai

Shikai adalah wujud pertama dari Zanpakutou (Pedang milik Shinigami) dimana sebelumnya seorang Shinigami masih menggunakan Sealed Zanpakutou yang berbentuk seperti pedang biasa.

Namun setelah Jiwa sang Shinigami dan Zanpakutou berhasil menyatu maka Shinigami bisa mengaktifkan mode Shikai dengan menyebutkan mantra khusus.


Mantra ini biasanya tersusun dari dua kalimat atau lebih yang terdiri dari kata spesial tertentu ditambah nama dari jiwa Zanpakutou.

Misal ” Mengaumlah Zabimaru” atau ” Angkat Kepalamu, Wabisuke ” dan berbagai jenis panggilan lainnya.

Namun mantra-mantra khusus tersebut tidak berpengaruh bagi Ichigo,dia hanya sekali saja mengucapkan itu ketika pertama kali menyatukan jiwa dengan Zangetsu.


Kekuatan Reaitsu yang besar menjadikan Zanpakutounya turut mendapat kekuatan yang lebih besar pula.

Sehingga dia tidak harus selalu mengaktifkan mode Shikai saat ingin menggunakannya, karena memang Zangetsu sudah berada di mode tersebut setiap dia berubah ke wujud Shinigami nya.

Walau masih dalam mode Shikai,namun Kekuatan Ichigo Kurosaki sudah berhasil menandingin kehebatan dari Zaraki Kenpachi yang mendapat gelar Terkuat.

b. Bankai

Tingkatan kedua dari Zanpakutou disebut Bankai,yaitu sebuah perubahan bentuk dari sebuah Zanpakutou menjadi wujud pedang yang sebenarnya.

Bentuk pedang dari Bankai sendiri mempresentasikan Kekuatan serta Jiwa dari sang Shinigami dan Zanpakutounya.


Pada level ini,dalam cerita Komik/Manga maupun Animenya,Ichigo sudah memiliki Tekanan Reiatsu dan Bankai yang setingkat Kapten.

Meski setiap Kapten dari Gotei 13 memiliki kemampuan yang berbeda-beda,tapi Ichigo sudah berhasil menandingi beberapa Kapten yang kuat seperti Kuchiki Byakuya dan Zaraki Kenpachi.

Bisa dibilang sejak berhasil menguasai Bankai dalam hitungan hari,Para Kapten Gotei 13 mulai berhati-hati dengan Kekuatan Ichigo Kurosaki karna dianggap menakjubkan bagi seorang manusia yang baru menjadi Shinigami Pengganti.


Ketika berada dalam mode Bankai,bukan bentuk pedang milik Ichigo menjadi lebih kecil dan ramping seakan baru berubah dari mode Sealed menjadi Shikai. Berbeda dengan Shinigami lainnya yang apabila menggunakan mode ini Zanpakutou mereka berubah menjadi sangat besar.

c. Final Getsugatenshou

Saat peperangan melawan Aizen,Ichigo mengalami kekalahan telak setelah dia menyadari perbedaan kekuatan yang ia miliki dengan Aizen.

Hal ini karena kekuatan Hogyoku yang sudah menyatu dengan Aizen cukup memberi tambahan kekuatan yang sangat besar.


Bahkan kekuatan milik Aizen tidak bisa lagi dimasukan dalam tingkat Shinigami,Hollow,Quincy,Manusia atau yang lainnya. Seakan dia sudah berada di level baru diatas semua yang ada.

Di tengah kekalahannya,Ichigo mendapati kenyataan bahwa ayah konyolnya selama ini ternyata juga seorang Shinigami.

Bertarung bersama melawan Aizen,tidak menjadikan Ichigo dan Isshin memenangkan pertarungan.


Singkat cerita mereka berdua akan pergi ke Soul Society untuk mengejar Aizen. Namun ketika di Dangai Isshin sempat mengajarkan Ichigo untuk menguasai kekuatan tertinggi dari Zanpakutounya.

Yaitu Final Getsugatenshou,dimana pedang zanpakutounya tidak lagi berubah bentuk. Namun dia sendirilah yang menyatu dengan Zanpakutounya dan memiliki kekuatan lebih tinggi diatas Shinigami ataupun makhluk lainnya.

Setelah menguasai Final Getsugatenshou,Kekuatan Ichigo Kurosaki akhirnya ada pada level yang setara dengan Aizen dan mampu mengalahkannya dengan mudah.

2. Hollow

Setelah Soul Society mengetahui tentang kejadian yang terjadi antara Kuchiki Rukia dan Ichigo Kurosaki.

Dimana hal tersebut akhirnya menyebabkan beberapa hal seperti Rukia yang kehilangan kekuatan Shinigami nya dan melanggar aturan Soul Society karena sudah memberikan kekuatan Shinigami pada seorang Manusia.


Mereka akirnya mengirim Kapten Byakuya dan Wakil Kapten Abarai Renji untuk menangkap Rukia dan menjalani hukuman di Soul Society.

Serta mengambil Kekuatan Ichigo Kurosaki untuk berubah menjadi Shinigami,atau dalam kata lain kembali menjadi manusia biasa.

Namun dia merasa bertanggung jawab atas hukuman yang diterima oleh Rukia,dengan bantuan Kisuke Urahara. Ichigo melakukan sebuah metode ekstrim dari Urahara untuk mengembalikan kekuatan Shinigami nya.


Dengan dua kemungkinan yaitu Berhasil menjadi Shinigami atau Gagal karena berubah menjadi Hollow dan Urahara harus membunuhnya.

Benar saja,Kekuatan Hollow lebih mendominasi Ichigo saat melewati proses tersebut walau Akhirnya dia berhasil menjadi Shinigami.

Yang pada akhirnya mereka baru menyadari bahwa ternyata ada dua kekuatan ichigo kurosaki yang bangkit saat melalui proses tersebut yaitu Shinigami dan Hollow.

a. Visored

Visored atau Vizard sebenarnya merupakan sebutan untuk kelompok Shinigami ( Mantan Kapten dan Wakil Kapten Gotei 13 ) yang dianggap melakukan kejahatan karena melakukan hollowfikasi.


Yaitu sebuah proses yang membuat mereka bisa mengeluarkan topeng hollow dan memiliki kekuatan setingkat hollow.

Walau sebenarnya hal tersebut terjadi bukan atas dasar kehendak mereka sendiri,melainkan akibat campur tangan Aizen.

Setelah berhasil kembali menjadi Shinigami,Ichigo merasakn ada kekuatan lain dalam dirinya.

Setiap kali dia meluapkan emosi,sebuah topeng mulai muncul dan pikirannya dikuasai oleh kepribadian yang berbeda bahkan kekuatannya meningkat jauh lebih tinggi dari Shinigami biasa.

Singkat cerita Ichigo mulai berkenalan dengan Shinji Hirako,dan dia mulai mengerti tentang kekuatan gelap dalam dirinya.


Setelah sekian lama terpuruk dan merasa takut suatu hari dia akan dikuasai oleh sisi gelapnya,akhirnya Ichigo bertekad untuk melatih kekuatan tersebut bersama para anggota Visored.

Berlatih dengan keras,melawan musuh terkuat dalam dirinya sendiri akhirnya berhasil dilewati. Satu bulan lebih mereka berlatih akhirnya Ichigo bisa menguasai mode Visored/Vizard walau hanya berlangsung untuk beberapa detik.


Meski di awal-awal mulai menguasai mode tersebut dia hanya bisa mempertahankannya tidak sampai satu menit,namun setiap menggunakan topen hollownya Kekuatan Ichigo Kurosaki akan meningkat drastis yang membuatnya semakin tak terkalahkan.

b. Arrancar Power Level

Salah satu pertarungan yang membuatnya harus banyak menggunakan kekuatan Hollow adalah ketika menyelamatkan Orihime Inoue dari Hueco Mundo.

Disitu dia dan teman-temannya mukai berhadapan dengan berbagai jenis Hollow,mulai dari tingkatan biasa hingga tertinggi yaitu Vasto Lorde.


Namun bukan itu saja,mereka juga harus berhadapan dengan Arrancar. Yaitu Hollow setingkat Vasto Lorde yang sudah berhasil melepas topengnya sehingga bisa berubah seperti manusia biasa dan memiliki kekuatan seperti Shinigami.

Atau bisa dibilang Arrancar merupakan kebalikan dari Vizard,walau Ichigo sudah memiliki kemampuan Vizard namun dia belum sebanding dengan Arrancar.

Karna untuk tingkat Vasto Lorde saja para hollow sudah berada 1 level lebih tinggi dari para Kapten Gotei 13.


Seiring pertarungannya,dia bertemu dengan Grimmjow. Salah satu Arrancar yang cukup kuat dan memiliki ambisi sama liarnya dengan Ichigo.

Pertarungan mereka pada awalnya selalu unggul pada Grimmjow,namun Ichigo tidak pernah menyerah.

Perlahan kekuatannya semakin meningkat dan setara dengan Grimmjow,bahkan salah satu Espada bernama Tier Harribel melihat pertarungan mereka seperti Arrancar yang melawan Arrancar.

Karena dari segi Kekuatan serta Kecepatan,Kurosaki sudah sama tingkatnya dengan Espada. Khususnya Grimmjow yang seorang Espada nomor 6.

c. Vasto Lorde Form

Lalu tingkatan kekuatan hollow Ichigo Kurosaki yang terakhir adalah Vasto Lorde Form,yaitu sebuah perubahan yang membuatnya menjadi seperti Hollow secara penuh namun masih berbentu manusia.

Saat berada dalam mode ini Ichigo benar-benar kehilangan kesadarannya sebagai seorang Shinigami ataupun Manusia.


Walau seperti itu,dia tetap menyimpan emosi terdalam yang ada di hatinya. Emosi tersebut adalah hal-hal yang memicu dirinya berubah menjadi hollow secara penuh.

Seperti merasa kesal dan marah saat melihat orang-orang yang dia sayangi dilukai oleh musuhnya,di dalam Animenya Ichigo pernah mengamuk dalam mode Vasto Lorde Form saat bertarung melawan Ulquiorra.

d. Full Hollow Form

Nah yang terakhir, Kekuatan Ichigo Kurosaki yang berasal dari mode Hollownya adalah Full Hollow Form. Sebuah Wujud yang membuat dia benar-benar menyerupai Hollow.

Tidak memiliki perasaan atau ingatan,seakan hanya terus mengamuk dan menghancurkan setiap musuh yang ada di hadapannya. Ichigo pernah mengamuk dalam mode ini di Zanpakuto Rebellion arc dan Gotei 13 Invading Army arc.

3. FullBringer

FullBringer pada dasarnya adalah kekuatan spiritual spesial dari manusia yang pernah mengalami sebuah kejadian khusus,yaitu ketika masih dalam kandungan … ibu mereka terkena serangan hollow namun masih bisa selamat.

Namun berbeda dengan Ichigo,dia membangkitkan kekuatan FullBring karena sebelumnya dia merupakan seorang Shinigami pengganti. Walau sudah kehilangan kekuatannya namun Ichigo masih mempunyai sedikit aliran Reiatsu yang bisa dilatih.


Media yang dia gunakan untuk memicu kekuatan FullBring nya adalah lencana Shinigami Pengganti yang dia dapatkan dari Soul Society.

Saat berhasil mengusai mode FullBring ini kekuatan fisik Ichigo turut meningkat,karena bila pada mode Shinigami yang menentukan besarnya kekuatan tergantung dari seberapa banyak Reiatsu.


Sedangkan pada mode FullBring,besarnya kekuatan tergantung kemampuan fisik dari penggunanya. Karena kekuatannya yang setara Shinigami bahkan serangan pedang FullBring miliknya mirip dengan Getsuga Tenshou.

Tentu saja menandakan bahwa kekuatan fisik milik Ichigo juga sudah melebihi pengguna FullBring yang ada lebih dahulu sepeti Sado atau Ginjo yang juga dulunya seorang Shinigami Pengganti seperti Ichigo.


Selain itu,yang istimewa dari kekuatan ini adalah penggunanya tidak perlu merubah dirinya menjadi roh,mereka akan tetap menjadi manusia namun dengan kekuatan spiritual luar biasa.

Atau bisa dibilang mereka sejenis dengan Quincy,yang tidak perlu merubah diri menjadi Roh agar bisa menggunakan kekuatannya.

4. Quincy

Bila kita mengingat beberapa kejanggalan dalam diri Ichigo,pernah kah terlintas pikiran kenapa Roh dari Zangetsu ( Zanpakutou milik Ichigo) memiliki dua nyawa yaitu Pria mirip Ichigo sendiri namun berpenampilan seperti Hollow dan Seorang Pria Tua Berkacamata yang bijaksana.

Ternyata itu tidaklah benar,di dalam versi Manga nya sendiri baru dijelaskan bahwa ternyata keduanya merupakan dua sosok berbeda.


Satu sosok yang mirip Ichigo namun berpenampilan seperti hollow adalah Zangetsu yang asli,mungkin banyak yang berfikiran bahwa sosok yang satu ini merupakan manifestasi dari kekuatan Hollow.

Namun faktanya dia lah Roh Zangetsu yang sebenarnya,dan kekuatan Hollow yang ada memang sudah menjadi kekuatan Ichigo sendiri yang memang muncul setelah dia melewati serangkaian metode dari Urahara untuk mengembalikan kekuatan Shinigami nya yang hilang.


Sedangkan Pria Tua Bijaksana yang selama ini dianggap sebagai Zangetsu ternyata merupakan Manifestasi dari kekuatan Quincy milik Ichigo.

Disaat pertarungannya dengan Aizen,terungkap fakta bahwa semua yang terjadi sudah direncanakan oleh Aizen termasuk tentang hal apa yang membuat Ichigo mendapat kekuatan Shinigami.


Hal ini karena Aizen sudah menyadari keistimewaan dari Ichigo yang terlahir dari dua orang Spesial,Ayahnya yang seorang Shinigami bahkan mantan Kapten Divisi 10 dari Gotei 13 dan ibunya yang seorang Quincy.

Pria Tua Berkacamata yang selama ini dianggap sebagai Zangetsu tersebut merupakan wujud dari kekuatan Quincy milik Ichigo,memiliki darah yang spesial merupakan alasan utama kenapa dia memiliki Kekuatan Reiatsu yang besar.


Bahkan dengan cepat dia bisa meningkatkan kekuatannya setelah melawan musuh-musuh yang kuat,mulai dari menguasai Shikai,Bankai bahkan mengalahkan kapten Gotei 13 seperti Byakuya dan Zaraki Kenpachi yang terkenal kuat hanya dalam waktu singkat.

5. Ichigo Hell Form

Dalam seri Movie yang ke 4 dengan Judul Hell Verse , Ichigo dicertikatan harus pergi ke neraka melawan para pendosa yang berhasil memasuki dunia manusia dan menculik Yuzu dengan tujuan memaksa Ichigo agar mau menghancurkan neraka dengan kekuatannya.


Singkat cerita dia sudah sampai di neraka dan mencoba menyelamatkan Yuzu,namun Kokuto yang selama ini membantunya ternyata adalah orang yang sudah merencanakan semuanya untuk memanfaatkan kekuatan Ichigo.

Penduduk Neraka yang tidak bisa mati karena akan terus beregerasi demi menjalani hukuman atas dosa-dosanya menjadi alasan utama kenapa mereka tidak bisa dikalahkan dengan mudah.


Setiap mereka sudah mati maka tak lama setelah itu akan kembali bangkit,namun tanpa di sangka … karena Kokuto ataupun pendosa lainnya berniat jahat dan mencoba untuk terlepas dari Rantai Neraka.

Maka melalui Ichigo,Neraka meminjamkan kekuatannya agar dia bisa menghukum para Pendosa khususnya Kokuto. Lalu mulai munculah Hell Form miliknya yang terbentuk dari tengkorak-tengkorak sebagai manifestasi kekuatan Neraka.


Bahkan ketika dalam mode ini,Makhluk yang menjaga Neraka tidak bisa merasakan bahwa Ichigo bukan berasal dari luar Neraka sehingga tidak terkena serangan dari makhluk-makhluk tersebut.

Kekuatannya menjadikan Ichigo terasa seperti bagian dari dunia tersebut,itu karena Neraka sendirilah yang memberikan kekuatannya.

Nah mungkin itu tadi pembahasannya semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Source: SiniAja

Tidak ada komentar untuk "4 Tahapan Kekuatan Ichigo Kurosaki di Anime Bleach"