--> Skip to main content

Dens.TV, Penayang Aniplus Asia & Animax Asia di Indonesia Tanpa Perlu TV


RIFKIMOCHAMAD – YAA!! Sekarang mari bahas penayang anime legal yang berbayar. Saya yakin yang baca sedikit sih. Kali ini saya akan membahas Dens.TV. Dens.TV adalah perusahaan penyelenggara jasa akses IPTV dan OTT, didirikan berdasarkan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Mereka menayangkan 2 saluran luar negeri di Asia Tenggara dan sekitarnya, yang penuh menayangkan anime. Saluran tersebut adalah Animax Asia dan Aniplus Asia. Jadi, di ulasan layanan penayangan anime legal ini akan saya bagi menjadi 3 bagian. Saya akan membahas Dens.TV, Animax Asia, dan Aniplus secara terpisah.

Dens.TV

Akan saya ulangi, Dens.TV adalah perusahaan penyelenggara jasa akses IPTV dan OTT, didirikan berdasarkan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Mereka memiliki layanan Dens.TV+, layanan Dens.TV yang hanya dapat diakses melalui mobile devices (mobile phone, notebook, dan lainnya). Jadi kamu bisa menonton saluran yang ditayangkan Dens.TV tanpa harus mempunyai TV.

Mudah Diakses

Dens.TV+, sangatlah mudah diakses, kamu bisa mengakses layanan ini di aplikasi yang tersedia di app store, ataupun langsung di website-nya. Cara mendaftarnya pun mudah, kamu bisa mendaftar melalui akun Facebook-mu atau akun Google. Setelah itu, kamu bisa langsung mengakses paket Lite mereka. Paket Lite adalah paket layanan Dens.TV+ yang dapat diakses secara gratis yang terdiri dari Free TV ChannelsSocial TV dan beberapa Video ONDemand.


Namun, Animax Asia dan Aniplus Asia tidak tersedia di paket lite ini. Saluran Animax Asia dan Aniplus Asia tersedia di Premium Channels. Di mana kamu harus berlangganan paket Premium yang mereka tawarkan. Berapa sih harga paket Premium itu?

Salah Satu Yang Termurah

Paket yang ditawarkan Dens.TV ini bisa dibilang salah satu yang termurah dari semua layanan yang menawarkan nonton anime secara legal. Mereka menghargai paket Premium ini sebesar 35.000 Rupiah untuk sebulan! Tidak hanya itu, satu akun bahkan bisa disaksikkan di 4 device berbeda dalam bersamaanWow, that’s a good price absolutely! Sudah tanpa tv, kamu juga tidak harus setajir Hotman Paris untuk menonton anime di layanan ini.

Pembayarannya Juga Mudah

“Bayarnya pasti kudu punya kartu kredit atau debit…” kata siapa!?~ Tanpa harus mempunyai kedua kartu tersebut pun kamu bisa berlangganan paket Premium. Kamu bisa melakukan pembayaran di gerai Indomaret dan Alfamart, juga bisa melakukan pembayaran online melalui DOKU dan DANA. Pembayaran melalui kartu debit atau kartu kredit juga tersedia tentunya. Gambar di bawah ini sudah termaksud semua jenis pembayaran yang mereka sediakan, ya.


Bisa Ditonton Terus-terusan! (S&K Berlaku)

“Ah, ini mah nayangin saluran tv, pasti harus sesuai jadwal!” ih, ini netizen sok tahu banget dah. Dens.TV ini menyediakan fitur CatchUp TV, di mana kamu bisa menonton acara tv yang kamu ingin tonton hingga 7 hari ke belakang. Fitur ini hanya berlaku untuk beberapa saluran tv pilihan sesuai dengan persetujuan yang diberikan oleh penyedia konten. Guest what? Saluran Animax Asia dan Aniplus Asia bisa lho fitur CatchUp TV ini!


Jadinya kamu tidak harus nonton sesuai jadwal yang diberikan Animax Asia maupun Aniplus Asia. Asal belum lewat seminggu setelah penayangannya, jadwalnya bisa diulang terus kok. Fitur ini sangat membantu saya yang kadang sulit untuk menonton penayangan live-nya.

Belum Mempunyai Resolusi HD

Kekurangan yang dimiliki Dens.TV adalah, video yang mereka tayangkan belum mempunyai resolusi HD. Resolusi terbesar yang mereka miliki adalah 576p. Bagi kamu penggemar HD-HD klub sepertinya belum bisa menikmati secara maksimal layanan ini. Saya sendiri mah bodo amat, yang penting bisa menonton anime secara legal~

Bukan Penggemar Aplikasinya

Aplikasi Dens.TV ini masih memiliki banyak bug, kadang juga mengalami malfungsi. Saya sendiri lebih merekomendasikan nonton langsung di website-nya. Karena bisa diakses di laptop ataupun komputer juga tentunya. Namun, website pun kadang masih mengalami error, jadi ya sabar saja pasti bisa kok nonton dengan sempurna.


Ya seperti yang dilihat, intinya ada harga ada kualitas sih. Ini sudah murah sekali lho, dan jujur pengalaman nonton saya di sini cukup memuaskan. Mereka juga tidak menayangkan Animax Asia dan Aniplus Asia saja, tapi juga saluran tv luar negeri seperti GEM, AXN dan masih banyak lainnya.

Sekarang, mari masuk ke pembahasan 2 saluran televisi yang menayangkan all about anime yang mereka tayangkan.

Animax Asia

Diluncurkan pada 1 Januari 2004, Animax Asia merupakan saluran tv luar negeri di Asia pertama yang fokus ke penayangan animasi Jepang. Saluran tv ini menawarkan program anime hingga anisong selama 24 jam penuh.

Menayangkan Anime Secara Same Day on Japan

Animax merupakan saluran tv luar negeri pertama yang menayangkan anime ke luar Jepang secara Same Day on Japan. Mereka menamai penayangan ini dengan sebutan Animax eXpress, di mana penayangan anime terbaru ditayangkan secara same day, kurang dari 24 setelah animenya tayang di Jepang. Lebih lambat dari simulcast memang yang hanya berpaut beberapa jam setelah penayangan aslinya di Jepang.


Di musim penayangan Spring 2020 mereka menayangkan Destruction Flag Otome dan Kitsutsuki Tantei-Dokoro sebagai anime Animax eXpress mereka. Alasan saya gak bisa ikut pembahasan Destruction Flag Otome di JOI Spotlight karena mereka menayangkan episode terbarunya di hari Minggu pukul 19.30 WIB, sedangkan di Jepang sendiri tayang malam Minggu. Padahal pengen bahas! Mungkin di review saja nanti ya~

Menggunakan Subtitel Indonesia

Tayang di Indonesia, ya kali pakai bahasa Belanda~ Semua anime yang ditayangkan Animax Asia di Indonesia semuanya memakai subtitel bahasa Indonesia, tanpa terkecuali. Eh, kecualinya ada ding, di iklan /plak~ Tapi saya sendiri masih menemukan kelemahan subtitel ini. Mereka sepertinya terlalu terpaku dengan penerjamahan subtitel Inggris, terlihat kadang subtitlenya kadang terlihat di luar konteks.

Kontennya Bersih

Bersih di sini bukan berarti apa adanya, malah kebalikannya. Yang saya maksud adalah konten tayangannya, apakah ada sensor dan sejenisnya. Untuk sensor belum ada sensor berlebihan, IYE! Belahan t*t*k masih aman, tenang namun kadang ada dialog atau adegan yang mereka potong. Seperti adult jokes, dan adegan yang menjurus ke hal-hal senonoh. Di luar itu masih aman kok. Sekali lagi, IYE! Belahan t*t*k dan sejenisnya masih aman kok!

Ada Iklan di Tengah Penayangan

Iyap, di tengah keasikkan menonton anime di Animax Asia, di tengah penayangan, saluran tv ini akan menayangkan iklan. Bukan iklan produk dan sejenisnya, iklan tentang program yang ditayangkan Animax Asia saja kok. Ya di Jepang pun penayangan anime juga diselingi dengan iklan.

Tidak Hanya Menayangkan Anime Baru

Tidak hanya menayangkan anime baru secara Same Day on Japan, mereka juga menayangkan ulang anime yang pernah mereka tayangkan. Anime yang baru mereka tayangkan juga ada, seperti Tada Never Falls in Loveanime Spring 2018, namun mereka baru bisa tayangkan di bulan April 2020. Jadwalnya pun mudah dilacak, bisa kamu lihat di website resmi mereka, dan juga sosial media Animax Asia misal mereka mengumumkan anime terbaru yang mereka akan tayangkan. Di JOI pun akan diangkat juga informasinya, jadi nantikan terus informasi seputar lokalisasi anime-manga di sini ya~

Aniplus Asia

Sama seperti Animax Asia, Aniplus Asia merupakan saluran tv luar negeri yang fokus pada penayangan anime dan pop culture Jepang di Asia Tenggara. Menayangkan anime secara 24 jam penuh, tidak hanya serial tv anime saja yang mereka tayangkan. Mereka juga menayangkan film anime di bioskop yang berada di Asia Tenggara.

Menayangkan Anime Secara Simulcast

Tidak seperti Animax Asia yang menayangkan anime terbaru di Jepang secara Same Day on Japan, Aniplus Asia menawarkan penayangan simulcast untuk koleksi anime terbaru di Jepang yang mereka punya. Penayangan ini menayangkan episode terbaru dari anime yang sedang berjalan dalam waktu dekat dengan jam penayangan animenya di Jepang, tercepat dari penayangan mana pun. Iya, bajakan/fansub kalah cepat kok sama ini. Nah itulah yang namanya simulcast kalau kamu belum tahu.


Di musim penayangan Spring 2020, mereka menayangkan Tower of GodKakushigotoPrincess Connect! Re:Dive dan The House Spirit Tatami-Chan secara simulcast. Di satu musim penayangan, Aniplus Asia bisa menayangkan anime terbaru lebih banyak dari Animax Asia. Terhitung dari musim Winter 2020 dan Spring 2020, Aniplus Asia mempunyai 7 anime terbaru, sedangkan Animax Asia hanya 4.

Menggunakan Bahasa Indonesia dan Inggris

Tidak semua penayangan di Aniplus Asia menggunakan bahasa Indonesia. Di penayangan premiere simulcast mereka, subtitel yang mereka sediakan adalah bahasa Inggris. Subtitel bahasa Indonesia akan tersedia di penayangan encore-nya. Yang biasanya berpaut kurang lebih 10 jam dari penayangan premiere-nya itu.


Sama seperti Animax Asia, saya sendiri masih menemukan kelemahan subtitel bahasa Indonesianya. Mereka sepertinya terlalu terpaku dengan penerjamahan subtitel Inggris, terlihat kadang subtitlenya kadang terlihat di luar konteks. Ini gak ada niatan bikin subtitelnya langsung dari terjemahan bahasa Jepang yak?

Lebih Apa Adanya

Jika dibandingkan dengan Animax Asia, penayangan di Aniplus Asia terlihat lebih apa adanya. Jarang saya menemukan pemotongan adegan dari Aniplus Asia. Tapi, secara judul, judul yang ditayangkan di Aniplus Asia terlihat lebih sehat genre-nya dibanding anime milik Animax Asia. Namun saya pernah menemukan sensor yang wow sekali di penayangan Aniplus Asia. Di penayangan Danmachi 2, di cerita Ishtar Familia, wow! Mozaik di mana-mana, lolTapi belahan t*t*k masih aman, Hestia masih full kok adegannya.

Tidak Hanya Menayangkan Anime Secara Simulcast

Tidak hanya menayangkan anime secara simulcast, mereka juga menayangkan ulang anime yang pernah mereka tayangkan. Anime yang baru mereka tayangkan juga ada, seperti Fire Forceanime Summer 2019, namun baru bisa mereka tayangkan di bulan Juni 2020. Jadwalnya pun mudah dilacak, bisa kamu lihat di website resmi mereka, dan juga sosial media Aniplus Asia misal mereka mengumumkan anime terbaru yang mereka akan tayangkan. Di JOI pun akan diangkat juga informasinya, jadi nantikan terus informasi seputar lokalisasi anime-manga di sini ya~ njir bro, copas dari yang di atas.

Itu dia sedikit pengenalan dan ulasan dari pengalaman saya menonton Animax Asia dan Aniplus Asia di layanan Dens.TV+! Bro, ini murah pakai banget, bro, sebulan 35.000 Rupiah itu seperti menabung seribu Rupiah seharinya. Apalagi bisa dipakai 4 device secara bersamaan, ya ngerti lah bisa ngapain sama temannya. Akhir kata, selamat menonton anime secara legal. Jangan percaya dengan yang bilang nonton anime legal tidak mendukung industri anime sama sekali, padahal dengan menonton anime legal kalian juga bisa mendukung industri per-anime-an lho~ njir, copas artikel Ani-One lagi penutupnya masa~

Sumber/Refrensi: Dens.TVAnimax Asia dan Aniplus Asia

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar